Perpustakaan Keliling Si Komos, Siap Dongkrak Minat Baca Anak-Anak

Dunia Perpustakaan |  Program perpustakaan keliling yang dilaksanakan oleh Jajaran Kodim 1017/Lamandau dengan menggunakan kendaraan roda tiga sangat di dukung oleh Pemerintah Kabupaten Lamandau. Perpustakaan keliling ini diberi nama Sarana Interaksi dan Komunikasi Sosial atau Si Komos.

Secara rutin perpustakaan keliling Si Komos yang dioperasionalkan oleh anggota Babinsa Kodim 1017/Lamandau mengunjungi sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga SLTA.

Untuk menunjang kelengkapan buku-buku, Kodim 1017 bekerjasama dengan DPAD Lamandau yang ditandai dengan penyerahan buku secara simbolis oleh Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana yang diterima langsung oleh Dandim 1017/Lamandau Letkol Inf Hafees Is Jafrin di halaman Kantor Bupati setempat, Senin 18 Januari 2021.

Dikutip dari laman matakalteng.com, dalam kerjasama tersebut, pemerintah daerah menyediakan buku bacaan untuk kendaraan Si-Komos milik Kodim 1017/Lmd. Dan nantinya, pihak Kodim yang akan mengoperasionalkan Si-Komos menjadi perpustakaan keliling.

“Pertama, kita ucapkan terima kasih kepada jajaran TNI khususnya Danrem, yang telah menelurkan ide kreatif dengan Si-Komos ini. Tentu di masa pembelajaran yang saat ini lebih banyak dilaksanakan secara Daring, keberadaan Si-Komos diharapkan dapat berperan signifikan,” ungkap Hendra.

Pemkab Lamandau lanjut dia, melaiui DPAD melaksanakan sharing koleksi buku bacaannya. Dan setiap tiga bulan sekali akan di perbaharui jenis dan koleksi bukunya.

“Kita berharap unit Si-Komos ini betul-betul mampu meningkatkan minat baca anak-anak kita serta menjadi solusi kaitan dengan pembatasan pembelajaran tatap muka atau bahkan untuk desa-desa yang blank spot,” kata Hendra Lesmana.

Di tempat yang sama, Dandim 1017/Lmd, Letkol Inf. Hafes Is Jafrin, mengatakan bahwa nantinya Si-Komos akan berkeliling di sekolah-sekolah. Namun sebelum itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menyesuaikan jadwal kunjungannya.

“Tidak hanya menjadi perpustakaan keliling, melalui Si-Komos ini juga nantinya ketika ada kampanye militer bisa bisa menyebarluaskan informasi. Karena memang Si-Komos ini adalah sarana interaksi dan komunikasi sosial dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah (DPAD) Lamandau, Norita Indayani membenarkan bahwa pihaknya telah menandatangani MoU dengan Kodim 1017/Lamandau terkait program perpustakaan keliling.

“Dalam salah satu pasal pada MoU yang berdurasi satu tahun itu, kita (DPAD) mempunyai kewajiban mengadakan sirkulasi terhadap buku-buku setiap 3 bulan sekali, sehingga dalam setahun akan ada empat kali pergantian atau perputaran jenis-jenis buku yang akan di bawa Si Komos,” ujarnya.

Norita menambahkan, selain pinjam pakai buku perpustakaan, kegiatan tersebut juga akan dimasukkan dalam program kegiatan DPAD Lamandau sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Harapan kita kegiatan tersebut dapat dilaporkan ke kita (DPAD) sehingga nantinya akan menjadi program kerja kita untuk meningkatkan mint baca msyarakat,” harapnya.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *