Beberapa Istilah dan Dasar dalam Ilmu Perpustakaan

Dunia Perpustakaan | Untuk anda yang bukan Jurusan Ilmu Perpustakaan, mungkin tidak memerlukan informasi dasar terkait dengan istilah-istilah yang sering ada di bidang dunia perpustakaan. Namun sebenarnya, untuk anda yang mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, khususnya yang baru menjalani bangku kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan, ada beberapa istilah yang memang wajib anda ketahui.

Sebenarnya ada ribuan istilah di bidang dunia perpustakaan, namun dari ribuan tersebut, setidaknya ada istilah-istilah yang paling sering kita dengar saat bekerja atau berkunjung ke perpustakaan.

Untuk mengulas istilah-istilah dasar yang ada di Ilmu Perpustakaan, berikut ini kami akan mengulasnya sebagaimana kami kutip dari berbagai sumber.

#Perpustakaan

Perpustakaan memiliki banyak pengertian berdasarkan pendapat berbagai tokoh. Namun begitu, pengertian yang paling populer yang dimaksud dengan Perpustakaan yaitu (1) Koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan; (2) tempat, gedung, atau ruangan yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya. (3) Sebuah lembaga, tempat, atau sistem yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan bahan pustaka guna disebarluaskan sebagai pusat informasi bagi masyarakat.

#Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan: Pengetahuan dan keahlian mengenai administrasi perpustakaan berikut koleksinya, ekonomi perpustakaan, dan bibliografi. Ada juga yang mengartikan Ilmu Perpustakaan sebagai Cabang ilmu multidisplin yang mempelajari cara mengelola perpustakaan dan hal yang berkaitan dengannya, seperti arsip, data, dan teknologi

#Bahan Pustaka

Bahan perpustakaan atau kadang disebut bahan pustaka, yaitu (1) Semua hasil karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam (2) Jenis-jenis bahan perpustakaan berdasarkan AACR2: Buku, pamplet, dan lembar tercetak; bahan kartografi; manuskrip (termasuk kumpulan manuskrip), naskah; musik; gambar hidup/film dan rekaman video; bahan grafis; sumber elektronik; artefak dan realia tiga dimensi; bentuk mikro; sumber berlanjut. Ada juga yang mengartikan bahan pustaka itu merupakan segala bentuk barang koleksi perpustakaan baik cetak maupun noncetak yang bisa digunakan untuk kepentingan pemustaka

#AACR dan AACR2

AACR (Anglo-American Cataloging Rules), berisi peraturan mengenai deskripsi bahan pustaka. Sedangkan AACR2 [Anglo-American Cataloguing Rules (2d ed)] merupakan revisi dari AACR terbagi dalam 2 bagian yaitu (a) deskripsi dan (b) tajuk, judul seragam, dan acuan. Bagian satu berdasarkan International Standard Bibliographic Description (ISBD) untuk material umum dan bahan khusus. Bagian 2 berdasarkan Prinsip Paris.

#Pustakawan

Pustakawan yaitu seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

#Kepustakawanan

Kepustakawanan merupakan penerapan pengetahuan (ilmu perpustakaan) dalam hal pengadaan, penggunaan serta pendayagunaan buku (dalam arti luas) di perpustakaan serta perluasan jasa perpustakaan.

#Layanan Perpustakaan

Layanan Perpustakaan yaitu usaha yang dilakukan pengelola perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya

#Klasifikasi

Klasifikasi yaitu Penyususnan/pengelompokkan bahan pustaka secara sistematis menurut subjek atau aturan tertentu

#Katalog

Katalog merupakan informasi ringkas yang menggambarkan buku/informasi yang terdiri dari analisis fisik dan konten

#Pemustaka

Pemustaka disebut juga sebagai pengguna perpustakaan, yaitu perseorangan, kelompok orang, masyarakat, atau lembaga yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan. Atau sederhananya merupakan orang yang datang ke perpustakaan untuk mencari informasi (pengunjung perpustakaan).

#Kepustakaan

Kepustakaan yaitu daftar referensi yang digunakan dalam menyusun suatu karya tulis (daftar pustaka)

#Bibliografi

Bibliografi (1) Daftar referensi dari sebuah hasil karya baik berupa buku, artikel, ataupun sumber-sumber elektronik pada suatu bidang tertentu. Bibliografi biasanya berada di bagian akhir dari halaman buku, artikel atau publikasi lainnya. Lihat Daftar Referensi. (2) Koleksi referensi yang berisi informasi berupa daftar koleksi pada bidang ilmu atau lembaga tertentu.

#Pustaka

Pustaka yaitu kitab atau buku

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *