Perpustakaan STEVA, Perpustakaan Alternatif yang Kreatif di Padang

Dunia Perpustakaan | Padang, Bermula dari banyaknya anggapan bahwa minat baca masyarakat yang dianggap rendah, namun hanya sedikit yang bisa memberikan solusi atas masalah tersebut, Pria bernama Fatris MF ini kemudian ingin menjadi bagian dari solusi atas masalah tersebut, yaitu dengan cara mendirikan Perpustakaan.

Berlokasi di daerah Siteba, Nanggalo, Padang, Perpustakaan tersebut diberi nama “Perpustakaan dan Arsip STEVA”. Perpustakaan ini dibuat sebagai salah satu alternatif untuk masyarakat sekitar agar bisa membaca dan meminjam buku secara lebih bebas dengan suasana yang menyenangkan tanpa harus banyak aturan.

Sebagaimana diketahui oleh masyarakat di daerah Siteba, Nanggalo, untuk bisa membaca buku yang baik, biasanya masyarakat hanya mengandalkan koleksi buku di Perpustakaan Daerah. Sayangnya, masyarakat sering mengeluhkan berbagai aturan yang dibuat selama ini sering membuat pengunjung malas datang ke perpustakaan daerah, misalnya tidak boleh berisk, ngobrol dengan suara yang sedikit keras, sehingga sangat tidak nyaman karena harus berbisik-bisik saat ngobrol, bahkan saat berbicara terkait dengan diskusi sebuah buku.

Atas kondisi yang seperti itu, Fatris MF membuat solusi dengan menyediakan perpustakaan dan Arsip STEVA ini.

Dengan konsep seperti suasana ala Cafe, Perpustakaan dan Arsip STEVA langsung diserbu banyak pengunjung sejak diresmikan 20 Februari 2021. Konsep Perpustakaan STEVA ini memang cukup menarik, karena bentuknya yang instagramable, dengan suasana yang asyik, ditambah dengan pelayanan sang pemilik yang begitu ramah, masyarakat menjadi betah di Perpustakaan STEVA.

Perpustakaan STEVA juga menjadi perantara bagi para pecinta buku untuk bisa saling tukar dan saling meminjam buku, bahkan bisa juga menitipkan buku pribadi mereka untuk dititipkan di Perpustakaan STEVA agar bisa dipinjam oleh masyarakat lain. Di Perpustakaan STEVA juga melayani pembelian buku-buku sesuai kesepakatan antara pemilik buku dengan masyarakat yang ingin membeli buku.

Koleksi buku di Perpustakaan STEVA cukup beragam, mulai dari koleksi berbau sastra, seni, sosial, politik, ekonomi, agama, dan banyak jenis buku lainya.

Para pengunjung di Perpustakaan STEVA juga diberikan kebebasan untuk berdiskusi, ngobrol sambil ngopi, bercanda, denan khas kegaduhan anak-anak muda, tanpa harus takut diomelin sebagaimana di perpustakaan daerah.

Dengan adanya Perpustakaan STEVA di daerah Siteba, Nanggalo, Padang ini, diharapkan bisa menjadi solusi atas stigma masyarakat yang dianggap minat baca rendah. Terbukti dengan keberadaan Perpustakaan STEVA ini, masyarakat begitu antusias untuk rajin berkunjung dan membaca buku di Perpustakaan STEVA.

Semoga saja keberadaan Perpustakaan STEVA ini juga bisa menginspirasi masyarakat lain untuk berkontribusi menyediakan buku bacaan gratis yang bermutu untuk bisa diakses oleh masyarakat luas. Dengan semakin banyaknya peran masyarakat terkeit kepedulian emreka pada gerakan literasi, masyarakat semakin suka membaca dan minat baca masyarakat semakin tinggi.

 

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *