Manfaat Menulis bagi Kesehatan hingga Menghasilkan Kekayaan

… Salah satu pekerjaan yang saat kita sudah tidak bekerja tapi uang tetap bisa mengalir diantaranya adalah menjadi penulis. Bahkan saat tidur sekalipun, pundi-pundi dollar akan tetap mengalir deras selama tulisan kita masih dibaca orang…

Dunia Perpustakaan | MANFAAT MENULIS | Bagi sebagian orang, menulis akan dianggap sebagai aktivitas yang sulit, dan tidak semua orang bisa melakukanya. Namun tahukah anda, bahwa diantara mereka yang saat ini sudah suka menulis, diantara mereka pada awalnya bukanlah orang yang suka menulis. Namun karena pada akhirnya mereka tahu manfaat menulis bisa mengubah hidupnya, maka menulis dianggap sebagai berkah dan rutinitas yang “serasa” wajib mereka lakukan karena sudah merasakan manfaat dari menulis.

Melalui tulisan ini, kami juuga akan “Memprovokasi” pembaca, agar anda mau rajin menulis, setelah mengetahui berbagai manfaat menulis. Perlu anda catat bahwa, menulis yang kami maksudkan disini bukan hanya menulis buku saja, tapi bisa juga dalam bentuk menulis artikel, hasil riset, bahkan kami tidak melarang anda menulis, walau hanya menulis update status di akun medsos, jika itu memberikan mafaat, kebahagiaan, apalagi menghasilkan uang, kenapa tidak?

Berikut ini merupakan beberapa Manfaat Menulis

#1. Meningkatkan Daya Ingat

Daya Ingat

Setiap mereka yang suka menulis, secara sistem syaraf daya ingat bagi yang rajin menulis, maka akan menjadikan daya inat mereka akan terus terlatih sehingga daya ingat mereka akan terus meningkat. Hal ini dikarenakan sudah terlatih dan terbiasa untuk menuliskan daya ingat yang ada di pikiran, imajinasi mereka ke dalam bentuk tulisan.

#2. Meredakan Stress

Stress

Beberapa orang yang dalam kondisi stress, biasanya untuk mengurangi rasa stress dan masalah hidup dalam dirinya, mereka biasanya curhat ke teman terdekat atau pasangan hingga ke orang tuanya. Namun bagi seorang yang suka menulis, cara paling bisa membuat mereka tenang, biasanya justru dengan cara membuat tulisan, yang kemudian dengan cara menulis, mereka akan merasa bisa terhindar dari stress yang berkepanjangan. Mungkin anda pernah membaca atau mendengar diantara beberapa penulis ternama, memulai karya menulis mereka bermula dari kondisi dimana hidup mereka banyak masalah, stress, dan sejenisnya. Namun kemudian mereka melampiaskan permasalahan hidup mereka menjadi sebuah karya tulis yang mampu menginspirasi pembacanya.

#3. Sharing Informasi

Share Information

Karena menulis disini tak hanya soal menulis buku, maka dengan menulis apapun melalui akun medsos anda, maka seseorang akan mendapatkan manfaat atas apa yang anda tulis dalam bentuk sharing informasi. Contoh sederhananya misalnya anda di akun medsos anda menulis berbagi informasi pengalaman anda saat berkunjung ke perpustakaan yang anda kunjungi ternyata memiliki pelayanan yang sangat baik, ditambah dengan fasilitas perpustakaan yang nyaman, lengkap, dan informasi baik lainya, maka secara tidak langsung, mereka yang membaca tulisan anda, mereka akan mendapatkan informasi bahwa perpustakaan yang anda kunjungi tersebut layak untuk dikunjungi.

#4. Sharing Ilmu dan Pengetahuan

Share knowledge

Jika anda seorang guru, dosen, atau apapun profesi anda, selama anda berilmu, atau memiliki skill tertentu, kemudian anda berbagi ilmu dan skill anda melalui tulisan, maka secara otomatis, anda melakukan sharing ilmu dan pengetahuan serta skill anda kepada pembaca. Misalnya anda seorang guru atau dosen, yang biasanya saat anda memberikan ilmu hanya ke beberapa siswa dan mahasiswa didik anda saja, maka saat anda berkenan menulis materi anda di media sosial, majalah, surat kabar, atau buku, maka potensi pembaca anda akan bisa berlipat-lipat lebih banyak lagi. Contoh lain misalnya, jika anda seseorang yang memiliki skill tertentu, misalnya skill cara memperbaiki komputer atau handphone, dan skill yang lain, kemudiaan anda menuliskan skill dan kemampuan anda meelalui tulisan di medsos, website/blog, atau buku, maka anda akan memberikan skill anda kepada orang yang membaca tulisan anda.

#5. Menghasilkan Uang

dollar from write

Salah satu pekerjaan yang saat kita sudah tidak bekerja tapi uang tetap bisa mengalir diantaranya adalah menjadi penulis. Bahkan saat tidur sekalipun, pundi-pundi dollar akan tetap mengalir deras selama tulisan kita masih dibaca orang.

Tahukah anda bahwa sudah terlalu banyak kisah orang-orang yang suka menulis, mereka mendapatkan berbagai kekayaan, mulai dari uang, rumah mewah, hingga mobil mewah, jalan-jalan ke banyak negara, dan lain-lain, yang semuanya dihasilkan dari menulis. Tak hanya kisah-kisah para penulis buku ternama saja, melainkan sudah banyak juga mereka yang suka menulis di blog, yang kemudian merekaa mampu menghasilkan ribuan dollar dari aktivitass menulismerekaa di blog. Mungkin pembaca setiap membaca tulisan di blog/website mereka secara gratis, namun pemilik blog sudah memasang google adsense atau banner iklan lain yang itu akan bisa menghasilkan ribuan dollar tiap bulanya. Belum lagi kalau pemilik blog juga memiliki akun youtube, instagram, facebook, dan akun medsos lain, yang semuanya memiliki peluang untuk menghasilkan pundi-pundi dollar bagi mereka yang mau belajar.

Kalau bicara manfaat menulis, tentunya ada banyak sekali versinya, termasuk kalau anda yang sudah PNS, dengan menulis buku, atau menulis di jurnal ilmiah atau yang lainya (sesuai aturan), maka anda akan mendapatkan poin dan reward untuk menunjang karir anda sebagai PNS.

Khusus untuk para pustakawan (non PNS) dan para pegiat literasi, yang terkadang identik dengan gaji yang rendah, maka saah satu solusi jika ingin mendapatkan tambahan penghasilan, jadilah penulis. Niscaya pada akhirnya, selama dilakukan secara sungguh-sungguh, passilah aktivitas menulis anda akan bisa menghasilkan banyak kekayaan.

Selamat Mencoba dan Membuktikanya!

 

 

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *