Home ::: Artikel Perpustakaan ::: 10 Perpustakaan Keliling Terunik di Dunia

10 Perpustakaan Keliling Terunik di Dunia

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

10 Perpustakaan Keliling Terunik di Dunia.

Dunia Perpustakaan | Saat anda mendengar kata Perpustakaan Keliling, mungkin di benak anda akan mengingat mobil perpustakaan keliling yang dikelola oleh perpustakaan daerah atau milik LSM.

Biasanya beberapa perpustakaan keliling tersebut menggunakan mobil sebagai alat transportasinya.

Namun perlu anda tahu bahwa di dunia ini ada beebrapa bentuk dan model perpustakaan keliling yang unik dan kadang bisa dikatakan sebagai Perpustakaan keliling unik dan aneh.

Hal tersebut mungkin dikarenakan bentuk dari perpustakaan keliling tersebut yang memang aneh dan unik tidak sebagaimana kebanyakan perpustakaan keliling yang sering kita jumpai.

Masyarakat yang pada umumnya melihat perpustakaan keliling dalam bentuk mobil, tentunya akan aneh saat melihat perpustakaan keliling tapi justru menggunakan tenaga hewan, dan dalam bentuk aneh lainya.

Namun perlu dicatat bahwa, tujuan mereka semua yang membuat perpustakaan unik itu adalah dengan tujuan yang sama, yaitu mengenalkan budaya baca kepada masyarakatnya.

Dengan adanya fenomena perpustakaan keliling yang unik dan aneh tersebut, maka yang harus difahami masyarakat yaitu bahwa, ada banyak cara untuk mendekatkan buku dan perpustakaan kepada masyarakat hingga ke daerah-daerah.

Salah satunya yaitu dengan membuat Perpustakaan Keliling dengan bentuk yang ukin dan kadang dianggap aneh.

Berikut ini merupakan 10 Perpustakaan Keliling Terunik di Dunia sebagaimana dikutip dari ebookfriendly.com  [18/1/15].

Perpustakaan Keliling Unik di Dunia

#1. Weapons of Mass Instruction

gambar: flickr.com

Bentuk dari Perpustakaan Keliling yang disebut Weapons of Mass Instruction (WMI) ini memang sangat sangat unik. Keunikan dari perpustakaan keliling ini berbentuk seperti tank di masa perang.

Perpustakaan Keliling ini berada di Argentina. Anda bisa menemukan perpusatakaan unik ini tepatnya ada di jalanan Buenos Aires, Argentina.  Ide dari Perpustakaan Keliling ini diciptakan oleh Ford Falcon yang menciptakan WMI.

Konsep perpustakaan keliling yang banyak menarik perhatian masyarakat ini cukup sederhana, yaitu dengan cara menjadikan kerangka kendaraaan tersebut yang dijadikan rak buku sehingga buku-buku yang dimasukkan membentuk body mobil. Keren bukan?

#2. Donkey Mobile Libraries

gambar: flickr.com

Apa yang anda ingat jika mendengar kata keledai?

Mungkin sebagian banyak orang menganggap jika keledai selalu diasosiasikan dengan kebodohan. Namun di Ethopia, keledai justru dekat dengan buku dan pengetahuan. Hal ini dikarenakan salah satu perpustakaan keliling disini menjadikan keledai sebagai penarik dari layanan Perpustakaan Keliling.

[Baca juga:Kisah Perjuangan Ridwan Sururi dan Kuda Pustaka di Lereng Gunung Slamet]

Perpustakaan Keliling dengan keledai ini berlokasi di Ethopia, perpustakaan keliling ini diberi nama Donkey Mobile Libraries. Perpustakaan keliling ini mulai beroperasi sejak tahun 2006.

Saat ini, perpustakaan keliling dengan keledai ini telah memiliki 6 cabang dan mengantarkan buku dari sekolah ke sekolah, desa ke desa di wilayah Ethopia.

#3. The Floating Library 

gambar: flickr.com

Untuk Perpustakaan Keliling yang satu ini memang unik karena bentuknya seperti perahu kecil yang terapung. Dari bentuknya ini bisa dilihat jika perpustakaan keliling ini melayani wilayah-wilayah di perairan.

#4. Logos Hope

gambar: flickr.com

Mungkin inilah perpustakaan kapal kelililing terbesar dan termahal di dunia.

Perpustakaan yang diberi nama Logos Hope ini berbentuk kapal yang terlihat sangat besar sehingga mampu menyimpan ribuan koleksi buku.

susana di dialam kapal |gambar: flickr.com

Perpustakaan keliling ini dibuat untuk melayani masyarakat di kepulauan yang tidak terjangkau lewat daratan.

#5. Book Mobile 

Gambar: flickr.com

Untuk bentuk dari perpustakaan keliling ini tidak begitu aneh memang, namun dengan bentuknya yang begitu besar dengan fasilitas yang lengkap, perpustakaan keliling ini mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi masyarakat.

#6. Tell a Story 

gambar: flickr.com

Bentuknya terkesan sangat sederhana, minimalis dan hampir sama dengan bentuk perpustakaan keliling di Indonesia, hanya saja ada yang membedakan yaitu dari segi bentuk mobil yang terkesan klasik serta bentuk rak bukunya yang juga memikat banyak perhatian masyarakat disana.

#7. Bieb Bus 

gambar: flickr.com

Bentuk dari Perpustakaan keliling ini hampir menyerupai bus pada umumnya, akan tetapi bentuknya sangat unik sehingga membuat orang tertarik datang.  Perpustakaan Keliling ini terdiri dari dua tingkat, yang bagian bawah seperti bentuk bus biasa, sedangkan pada bagian diatas mirip berbentuk peti kemas.

#8. Biblioburro

gambar: flickr.com

Perpustakaan Keliling Unik ini mirip dengan Donkey Mobile Libraries di Ethopia, perpustakaan keliling ini juga dibawa oleh keledai untuk mendistribusikan buku-buku ke desa-desa terpencil di Magdalena, Kolombia.

Luis Soriano adalah seorang yang berada dibalik munculnya perpustakaan keliling ini. Dia ternyata juga seorang pustakawan sekaligus guru.

Saat sampai di sebuah desa, Luis akan menggelar seluruh barang bawaannya dan mendirikan semacam perpustakaan outdoor. Anak-anak yang memang haus akan pengetahuan selalu ramai mengunjungi perpustakaan Luis ini.

#9. Tram Library 

gambar: flickr.com

Berbeda dengan Perpustakaan Keliling sebelumnya, Sebuah tram tua di Brno, Republik Ceko, dimodifikasi menjadi sebuah perpustakaan keliling yang mengasyikkan.

Perpustakaan tram menempuh perjalanan setiap hari sepanjang 70 km.  Selain buku cetak, perpustakaan keliling ini juga menyediakan buku elektronik.

Dengan keunikannya, perpustakaan ini diberi penghargaan oleh IFLA (International Federation of Library Associations) sebagai perpustakaan yang paling inovatif dalam marketing tahun 2014.

#10. II Bibliomotocarro 

gambar: flickr.com

Namanya Antonio La Cava, seorang pensiunan guru dari Ferrandina, Italia ini memutuskan untuk mendirikan perpustakaan keliling setelah dirinya pensiun. Perpustakaan keliling yang dibuatnya ini dibuat dengan memodifikasi Piaggio Ape milik pribadinya.

Perpustakaan keliling yang diberi nama II Bibliomotocarro ini pada saat pertama kali beroperasi sekitar tahun 2003 dan saat itu hanya membawa sekitar 700 buku ke pedesaaan Italia di wilayah Basilicata.

Saat datang ke sebuah tempat, II Bibliomotocarro ini akan mengeluarkan suara mirip organ sehingga membuat orang tertarik datang.

Dengan dibuatkanya Perpustakaan Keliling yang unik tersebut, tentunya kita layak memberikan apresiasi bahwa mereka telah berusaha untuk lakukan berbagai inovasi dalam mengenalkan buku dan perpustakaan dengan cara mereka.

Kita berharap Perpustakaan Keliling di Indonesia juga bisa melakukan cara yang sama, tentunya dengan inovasi dan kreatifitas yang berbeda.

Semoga dengan cara ini semakin banyak masyarakat yang suka membaca sehingga masyarakatnya menjadi cerdas dan membuat maju bangsa melalui SDM masyarakatnya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *