Perpustakaan Bersejarah ini Butuh Bantuan Mendesak, Mari Dibantu!

Dunia Perpustakaan |  Perpustakaan Medayu Agung | Beberapa hari ini beredar sebuah surat yang tertulis di dalamnya dibuat oleh YAYASAN MEDAYU AGUNG SURABAYA.

Dalam tulisan tersebut berisi terkait dengan Permohonan Dana Operasional Perpustakaan Medayu Agung Surabaya.
Perlu anda ketahui bahwa Perpustakaan Medayu Agung merupakan salah satu Perpustakaan khusus yang dimiliki oleh Oei Hiem Hwie, yang saat ini berada di bawah naungan Yayasan Medayu Agung Surabaya.
Walaupun masuk kategori perpustakaan khusus, perpustakaan Medayu Agung Surabaya ini terbuka untuk umum.
Perpustakaan Medayu Agung selama ini dikenal akrena koleksi-koleksinya yang sangat langka, mulai dari koleksi-koleksi buku dan peninggalan benda-benda bersejarah Soekarno, ada juga koleksi-koleksi buku-buku penulis ternama Pramoedya Ananta Toer, hingga koleksi langka dari luar negeri.
Tak heran, karena saking langka dan pentingnya koleksi di Perpustakaan Medayu Agung ini, dulu koleksinya pernah ditawar hingga Rp 1 miliar, namun ditolak oleh sang pemilik.

(BACA JUGA: Profil Perpustakaan Medayu Agung Surabaya, Koleksinya yang Langka Diburu Banyak Negara)

Namun sekarang ini, berdasarkan adanya surat yang tersebar di medsos, Perpustakaan Medayu Agung Surabaya tengah mengalami kesulitan terkait dana untuk merawat dan mengelola koleksi yang ada di Perpustakaan tersebut.
Berikut ini isi surat tersebut yang beredar di beberapa akun medsos twitter,
YAYASAN MEDAYU AGUNG SURABAYA
Medayu Selatan IV No 42-44, 
Perumahan Kosagrha Rungkut, Surabaya 60295 Telp 031-8703505, 
email : sekretariat@medayuagung.or.id 

Surabaya, 21 Juni 2020 
Nomor: 14/YAMAS/VI/2020 
Hal: Permohonan Dana Operasional Perpustakaan 
Yth. Bpk/lbu 
Dengan hormat, 

Dengan ini, kami memperkenalkan Yayasan Medayu Agung Surabaya. Yayasan ini bergerak di bidang sosial, yang sejak bulan Maret 2001 salah satu aktivitasnya acialah mengelola sebuah perpustakaan ciengan nama Perpustakaan Medayu Agung Surabaya. Perpustakaan tersebut menempati sebuah gedung yang dipinjamkan, di 11. Medayu Selatan IV No.42-44 Surabaya. 

Kami fokus menyediakan belasan ribu judul berbagai buku. Ada yang terbitan sebelurn tahun 1900. Juga belasan ribu eksernplar surat kabar sejak tahun 1910 maupun majalah yang tersimpan di perpustakaan kami. 

Semua berupa bahan bacaan Ilmu Politik, Sosial, Sejarah dan Budaya untuk kalangan mahasiswa dan peneliti dalam dan luar negeri. Kegiatan lainnya mencarikan sponsor pernbiayaan untuk research mahasiswa dan peneliti. 

Kami rnasih menerima sumbangan koleksi buku, maupun surat kabar dan rnajalah dari kolektor. Wabah pandemic covid 19 yang kita alami bersama hingga saat ini menyebabkan tiga orang donatur kami kesulitan memberikan bantuan pemenuhan biaya operasional. 

Sekalipun sudah dilakukan penghematan, Perpustakaan tiap bulan kekurangan biaya tujuh belas juta rupiah tiap bulan. Mengatasi kekurangan tersebut di atas, kami berniat memasyarakatkan keberadaan Perpus Medayu Agung dengan memohon bantuan Bapak/lbu untuk yayasan kami caranya rnemberi dana minim Rp. 100.000- Sebagai donatur tetap tiap bulan. Kepada yang berkenan akan karni kirimkan laporan secara berkala. 

Karni sangat berterima kasih atas kesediaan bapak dan ibu yang bersedia rnenjadi donatur tetap maupun membantu temporary Perpustakaan Medayu Agung Surabaya. Dana dari bapak dan ibu nanti akan bermanfaat bagi kelanjutan pemahaman politik, sejarah dan budaya Indonesia bagi generasi penerus Bangsa dan dunia. 

Kelebihan dana operasionil akan digunakan untuk pengembangan Perpustakaan, yaitu proses digitalisasi yang nantinya akan sangat memudahkan para peneliti dalam proses pencarian data dan sumber. 

Dana mohon ditransfer ke rekening atas nama pemilik koleksi perpustakaan 
Oei Hiem Hwie BCA 468 1192 322 atau atas nama 
Yayasan Medayu Agung BCA 822 1188 322
Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terimakasih. 
Hormat saya,
King Gaudi  
Ketua Pengurus
 
Mengetahui: 
Pembina Pengawas ………. 
Pengurus Board of Acivisor ……… 
Simpatisan pendukung dari luar Yayasan Medayu Agung……..

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *