Dari Total 164 Ribu Perpustakaan di Indonesia, 40% Ada di Pulau Jawa – Dunia Perpustakaan
ilustrasi

Dari Total 164 Ribu Perpustakaan di Indonesia, 40% Ada di Pulau Jawa

Dunia Perpustakaan | Keberadaan jumlah perpustakaan yang dikatakan 40% berada di pulau jawa tentunya sejalan dengan jumlah populasi penduduk Indonesia yang memang pulau Jawa mendominasi. Walaupun demikian, memang perlu adanya kajian yang khusus untuk data tersebut sehingga mampu dijadikan acuan untuk membuat kebijakan yang dalam pengembangan perpustakaan benar-benar bisa MERATA sesuai dengan kebutuhan jumlah penduduk di suatu wilayah.

Data terkait dengan jumlah 40% perpustakaan ada di Pulau Jawa ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Deni Kurniadi mengatakan,

“Saat ini, kita sudah punya total 164.610 perpustakaan berbagai jenis, meski jumlah terbesar sekitar 40% berada di Pulau Jawa. Tapi kita terus dorong yang di luar Pulau Jawa juga bisa memiliki dan memanfaatkan perpustakaan dengan lebih maksimal,” katanya.

Pertanyaan tersebut disampaikan saat acara talk show “Meniti Jalan Literasi Untuk Wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju”, dikutip dari beritastu.com (7/12/2021).

Lebih jauh lagi, Deni juga menyampaikan jika saat ini setiap Propinsi di Indonesia sudah memiliki dinas perpustakaan. Dari 34 provinsi di Indonesia, semuanya sudah memiliki Dinas Perpustakaan.

Untuk data Dinas Perpustakaan di Kabupaten/kota disebutkan Deni bahwa saat ini dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, setidaknya sudah ada 493 Kabupaten/kota yang sudah memiliki Dinas Perpustakaan. Ditambahkan lagi oleh Deni bahwa saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 23.000 perpustakaan desa di Indonesia.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.