Perpustakaan di Yogyakarta ini Wajib Anda Kunjungi

Dunia Perpustakaan | Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai salah satu propinsi yang sangat peduli dengan dunia pendidikan. Salah satu fasilitas pendidikan yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas diantaranya adanya fasilitas perpustakaan.

Berikut ini merupakan Perpustakaan di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi sebagaimana dikutip dari kampusjogja.com (2/4/14):

#1. Perpustakaan Kota Yogjakarta

Berada di Jalan Subroto, No. 9 Kotabaru-Yogyakarta. Perpustakaan berlantai dua ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu pada pukul 09.00 sampai 20.00 WIB. Selain menawarkan akses internet gratis (free wifi), koleksi buku yang cukup lengkap, perpustakaan ini juga ditunjang dengan ruangan full AC. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi 0274-511314.

2. BPAD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BPAD Yogyakarta terbagi atas empat unit layanan yang berbeda. Keempat unit layanan tersebut adalah; Unit Badran I, Unit Badran II, Unit Malioboro dan Jogja Study Center (JSC). Rincian dari keempat unit layanan BPAD Yogyakarta adalah sebagai berikut:

a) Unit Badran I

Berada di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 4 Yogyakarta. Telepon 0274-588219. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Untuk pendaftaran keanggotaan hanya dapat dilakukan di perpus unit ini.

b) Unit Badran II

Berada di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 29 Yogyakarta. Telepon 0274-513969, 563367. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB.

c) Unit Malioboro

Berada di Jalan Malioboro No. 175 Yogyakarta. Telepon 0274-512473. Buka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 WIB.

d) Unit Jogja Study Centre (JSC)

Berada di Jalan Faridan M. Noto No. 21 Kotabaru Yogyakarta. Telepon 0274 556920, 556921. Tidak berbeda dengan ketiga unit layanan lainnya, unit ini buka Senin sampai Sabtu sampai mulai pukul 08.00 WIB.

3. Perpustakaan Umum Daerah Kulon Progo

Berada di jalan Sanun No.4 Terbah Wates, Kulon Progo. Untuk mendapat informasi lebih lanjut, penggunjung dapat menghubungi telepon 0274-774553 atau website: http://perpustakaan.kulomprogokab.go.id. Perpustakaan ini buka pada hari Senin sampai sabtu mulai pukul 08.00 WIB.

4. Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman

Berada di jalan Turgo No. 3 Beran, Tridadi, Sleman. Perpustakaan ini menerima kunjungan mulai pukul 08.00 WIB di hari Senin sampai Sabtu. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi telepon 0274-868380 atau website: www.sleman.go.id dan warintek@sleman.go.id

5. Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul

Berada di Jalan Jendral Sudirman No. 1 Bantul-Yogyakarta. Buka dari hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB. Pengunjung dapat mengunjungi situs web http://perpustakaan.bantulkab.go.id atau menghubungi 0274-368778 untuk informasi lebih lanjut.

6. Perpustakaan St. Ignatius Yogyakarta

Perpustakaan St.Ignatius yang juga dikenal dengan nama Perpustakaan Kolsani, terletak di samping toko puskat, di belakang Gereja Kotabaru.  Perpustakaan ini kaya dengan beragam koleksi literatur akademik, mulai dari Filsafat, Agama, Politik, Pendidikan, Sejarah, Bahasa, dlsb. Perpustakaan ini juga menyediakan literatur mengenai Islam abad 20 yang bahkan lebih lengkap dari perpustakaan non-universitas lain.

7. Perpustakaan Gelaran Indonesia Buku

Perpustakaan ini terletak di Indonesia Buku @radiobuku. Di Perpustakaan Gelaran Indonesia Buku, kamu bisa menikmati buku-buku yang dipajang di sana. Beragam koleksi bisa kita akses, dari sejarah, etnografi, antropologi, biografi, tata kota, sastra, sains dan lain sebagainya. Di perpustakaan ini disimpan juga koleksi khusus Prof. George Junus Aditjondro.

Demikian referensi perpustakaan umum yang dapat dikunjungi untuk menunjang berbagai kegiatan atau sekedar tempat membaca dan menambah wawasan Anda. Budayakan membaca, karena membaca adalah jendela dunia.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *