Perpustakaan sebagai Tempat Rekreasi
Ilustrasi

Perpustakaan sebagai Tempat Rekreasi dan Wisata Pendidikan

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan sebagai Tempat RekreasiSalah satu fungsi Perpustakaan adalah sebagai tempat wisata bagi para pengunjung atau masyarakat.

TULISAN TERKAIT YANG SEDANG DIBACA:  6 Fungsi Perpustakaan yang Wajib Anda Tahu!

Pasal 1 ayat 1 UU No.43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya rekam, secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka”.

Selain itu, pada pasal  3  juga menyebutkan  bahwa ” Perpustakaan  berfungsi sebagai wahana pendidikan, pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdaskan dan keberdayaan bangsa”.

Menurut UU tersebut sangat jelas perpustakaan merupakan salah satu tempat untuk untuk rekreasi sekaligus sebagai wahana pendidikan.

Wisata Pendidikan

Yang dimaksud dengan Wisata Pendidikan adalah suatu program di mana peserta melakukan perjalanan ke suatu tempat/lokasi secara individual atau kelompok  dengan  tujuan  agar  dapat  terlibat langsung  dalam pengalaman  belajar  di tempat tersebut  (Rodger, 1998).

Wisata Pendidikan lebih kepada aspek pembelajaran serta pencarian informasi dan pengetahuan yang berbeda dengan wisata yang hanya sekedar ”menyegarkan diri”.

Dari sekian banyak perpustakaan di Indonesia sudah adakah yang menerapkan konsep wisata pendidikan?

Ditambah lagi, kehadiran perpustakaan masih belum mendapat dukungan penuh dari  berbagai kalangan.  Dukungan yang dimaksud misalnya dari pemerintah, akademisi, maupun pihak penerbit. Khususnya kepada Pemerintah sebagai pengambil kebijakan, anggaran dana untuk pembangunan dan pengembangan Perpustakaan belum maksimal.

Setidaknya, perpustakaan mempunyai fungsi bagi masyarakat untuk menghilangkan pikiran stres dan rasa keluh-kesah mereka. Harapanya salah satu manfaat dengan membaca atau menikmati  berbagai fasilitas yang disediakan perpustakaan bisa menjadi tujuan rekreasi. Masyarakat dapat sedikit terhibur serta mendapatkan  inspirasi baru untuk berbuat hal yang positif.

Kita dapat merasakan apa yang seharusnya dipelajari, diperbuat maupun dirasakan dengan membaca. Hal tersebut karena di dalam bahan bacaan tersirat informasi dan pengetahuan  yang dapat kita ambil.

Disinilah  peran strategis untuk menumbuhan budaya minat membaca di masyarakat. Setiap orang yang berkunjung ke perpustakaan dapat mengembangkan diri dengan semangat belajar yang tinggi tanpa terikat dengan pendidikan formal.

sumber: lenterakecil.com

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *