Ilustrasi: shutterstock.com

10 Cara Cepat Baca Buku dan Memahami Isinya

Dunia Perpustakaan | Saat ini terkait minat baca di Indoensia sering disebut masih rendah. Namun untuk mereka yang sudah suka baca buku, terkadang diantara mereka juga masih ada kesulitan dalam membaca buku.

Permasalahan yang sering dihadapi yaitu terkait dengan cara cepat membaca buku, sekaligus cepat memahami isi dari sebuah buku.

Jika Najwa Shihab pernah memberikan trik dan saran, agar bisa cepat dalam membaca buku dan cepat juga dalam memahami artinya, hal yang harus dilakukan tentunya dengan cara “SERING BACA BUKU”.

Menurut Duta Baca Indonesia tersebut tentu  sangat tepat, Najwa Shihab beralasan bahwa membaca buku sama sebagaimana kebiasaan lain. Dimana semakin dilakukan, maka secara otomatis orang akan mahir dengan sendirinya.

Diibaratkan seorang sopir yang sudah berpengalaman, tentunya secara bersamaan akan mahir menggerakan gigi, setir, gas, rem, kopling, melihat spion, dan lainya secara bersamaan dengan cepat bahkan terkadang seperti automatis. Berbeda dengan mereka yang baru belajar stir mobil, pasti semuanya akan serba pelan dan bingung.

Demikian juga dalam hal membaca buku.

Namun disini, kami ingin memberikan tips untuk membantu mempercepat anda dalam membaca buku sambil terus perbanyak baca buku yang kami kutip langsung dari idntimes.com

Cara Cepat Baca Buku

#1. Sering Baca Buku

Cara ini sebagai syarat pertama dan memang idealnya harus seperti itu. Semakin sering membaca buku, secara otomatis anda akan terlatih untuk semakin cepat bisa baca buku dan cepat memahami artinya.

#2. Pasang Timer

Jika tujuan kita ingin belajar membaca cepat, maka yang harus kita latih tentunya terkait dengan waktu. Anda bisa mencoba dengan cara membuat timer. Misalnya anda membaca satu halaman buku yang sama, lalu anda gunakan timer secara terus menerus. Dengan cara ini nanti anda akan terlatih untuk menemukan waktu tercepat dalam membaca buku.

#3. Pasang Target

Jika sudah terbiasa menggunakan timer, maka selanjutnya anda bisa membiasakan untuk membuat target dalam setiap membaca buku. Misalnya anda membaca satu buku ditarget dengan maksimal selesai dalam tiga hari, dan seterusnya.

#4. Hindari Mengulang Bacaan

Salah satu sebab membaca terkesan lama karena kebiasaan beebrapa orang yang mengulangi bacaan mereka. Hal ini biasanya dilakukan karena kurang cepat dalam memahami tulisan. Agar ini tidak jadi kebiasaan, maka belajarlah dan melatih untuk fokus pada memahami maksud dan substansi tulisan, sehingga tidak perlu mengulangi kata demi kata dari tulisan yang dibaca.

#5. Hindari Membaca Tiap Kata

Agar membaca bisa lebih cepat, jangan membaca tiap kata demi kata dari sebuah tulisan. Biasakan untuk melatih membaca dengan memahami isi bukan dari setiap kata. Hal ini dikarenakan, banyak penulis yang dalam menyampaikan maksud dari isi tulisan dengan membuat kata demi kata yang terlalu panjang, padahal substansinya ketika kata tersebut dihilangkan tidak akan mengurangi maksud dan substansi dari tulisan tersebut.

#6. Jangan Baca setiap Teks

Menurut Dartmouth College’s Academic Skills Center, membaca setiap bagian dari teks atau buku adalah kebiasaan yang sudah kuno. Maka dari itu, kamu harus memilah dan fokus pada informasi yang kamu anggap relevan saja.

Kecuali kamu sedang membaca sesuatu yang sangat penting. Membaca secara selektif akan memudahkanmu untuk mencerna poin-poin utama dari banyak teks.

#7. Preview buku

Melakukan pratinjau buku seperti halnya menonton trailer sebuah film. Pratinjau akan memberikan gambaran awal tentang isi buku dan memudahkanmu untuk memahami isi buku tersebut. Saat melakukan pratinjau, perhatikan dengan seksama judul, subjudul, dan apapun yang tertulis dengan huruf tebal atau besar.

Kalau perlu, baca secara singkat paragaraf pengantar dan penutup untuk mendapatkan gambaran lebih luas tentang isi buku, serta cek gambar atau grafik apa saja. Cari tahu juga sistematika atau susunan penulisan buku tersebut, melansir MentalFloss.

#8.  Menandai Bacaan

Pasang penanda bacaan (marker) sebelum berhenti membaca teks atau buku. Ini untuk memastikan bahwa kamu melanjutkan bacaan yang tepat ketika kamu mulai membaca kembali, sehingga alur cerita dari buku dapat tersampaikan dengan baik.

#9. Tambah Perbendaharaan Kosa Kata

Sering kali ketika membaca, kita bertemu dengan kata atau istilah baru yang jarang digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Jika seperti ini, apa yang akan kamu lakukan? Melewati atau justru mencoba memahami kata itu melalui konteks kalimatnya? Dua hal tersebut jelas akan memperlambat kecepatan membacamu.

Jika kamu mencoba memahami arti kata itu, maka butuh beberapa saat hingga kamu melanjutkan bacaanmu kembali. Jika kamu melewati kata itu, maka sedikit banyak akan mengurangi pemahamanmu tentang isi teks atau buku secara keseluruhan. Maka dari itu, berusahalah untuk terus mengenal kata atau istilah-istilah baru, ya!

#10. Bikin  ringkasan

Tugasmu tidak berhenti ketika kamu membaca kata terakhir dari buku. Selesai membaca keseluruhan teks atau buku, tulislah beberapa poin penting yang kamu ingat. Ini merupakan salah satu tahap penting yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan pemahamanmu tentang isi buku tersebut.
Tahap terakhir adalah membiasakan diri untuk membaca banyak buku secara cepat. Langkah di atas mungkin akan terasa sulit di awal, tetapi semua akan terasa semakin mudah kalau kamu sudah terbiasa. Jadi, mulailah biasakan diri membaca banyak buku dari sekarang!

 

 

 

 

 

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *