Jumlah Total Perpustakaan di Dunia – Dunia Perpustakaan
Jumlah Perpustakaan di Dunia

Jumlah Total Perpustakaan di Dunia

Dunia Perpustakaan | Jumlah Total Perpustakaan di Dunia | Untuk orang kebanyakan, mungkin data terkait berapa jumlah total perpustakaan di dunia dengan berbagai jenis perpustakaan, bukanlah informasi yang penting. Namun setidaknya untuk par mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, para pustakawan, dan para pegiat literasi, tentunya data atau informasi mengenai jumlah total perpustakaan di Dunia menjadi informasi yang seharusnya dianggap penting, setidaknya kalau ditanya, dirinya sudah memiliki jawabanya.

Jumlah perpustakaan di dunia, dapat anda temukan updatenya melalui lembaga resmi dunia yang bernama IFLA (The International Federation of Library Associations and Institutions). Untuk menfokuskan pada update informasi terkait jumlah total perpustakaan di dunia dari berbagai negara, IFLA membuat publikasi khusus melalui Library Map of the World.

Mungkin anda bertanya, darimana IFLA bisa memiliki data semua perpustakaan di seluruh Indonesia?

IFLA bisa memiliki data jumlah seluruh perpustakaan di seluruh dunia, karena IFLA memiliki anggotanya di setiap negara di seluruh Indonesia, sehingga melalui website resmi mereka, data tersebut kemudian diolah dan dipublikasikan secara berkala dari tahun ke tahun.

Walaupun demikian, IFLA terkadang memiliki kendala terkait dengan informasi yang kurang up to date karena update tidaknya data tersebut, sangat bergantung dari tingkat keaktifan anggota IFLA di setiap negara.

Namun walaupun demikian, setidaknya melalui data tersebut, setidaknya kita bisa tahu akan adanya informasi mengenai jumlah total perpustakaan yang ada di dunia.

Jumlah Total Perpustakaan di Dunia yaitu 2,6 Juta Perpustakaan dari berbagai jenis perpustakaan di seluruh dunia. Jumlah ini diupdate untuk tahun 2021 dan khusus untuk jenis Perpustakaan Komunitas datanya didapat hanya sampai di tahun 2021, sedangkan yang lain merupakan data hingga tahun 2021.

Berikut ini merupakan rincian jumlah total Perpustakaan di dunia berdasarkan jenis perpustakaan.

#1. Perpustakaan Nasional 350 (0.1%) [Data tahun 2021]

#2. Perpustakaan Perguruan Tinggi 95.273 (3.6%) [Data tahun 2021]

#3. Perpustakaan Umum 406.689 (15.5%) [Data tahun 2021]

#4. Komunitas 25.231 (1.0%) [Data tahun 2020]

#5. Perpustakaan Sekolah 2.1 juta (78.4%) [Data tahun 2021]

#6. Lainnya 37.486 (1.4%) [Data tahun 2021]

Dari data tersebut menunjukan bahwa jumlah porsentase jumlah perpustakaan di dunia didominasi oleh Perpustakaan yang mencapai 2,1 juta perpustakaan (78,4%).

Selain mempublikasikan jumlah total perpustakaan di seluruh dunia, IFLA juga mempublikasikan terkait dengan data perpustakaan yang sudah menyediakan akses internet.

Dimana dari 2,6 juta jumlah perpustakaan di seluruh dunia, ternyata hanya 382.785 (14.72%) perpustakaan yang sudah memiliki fasilitas akses internet, yang terdiri dari;

  • Perpustakaan Nasional 748 (0,2%).
  • Perpustakaan Perguruan Tinggi 63.322 (16.5%).
  • Perpustakaan Umum 111.802 (29.2%).
  • Komunitas 3.078 (.8%).
  • Perpustakaan Sekolah 194.587 (50.8%).
  • Lainnya 9.248 (2.4%).

Dara data fasilitas akses internet di perpustakaan tersebut diatas menunjukkan bahwa sekitar 85,28% perpustakaan di seluruh dunia belum memiliki akses internet. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan karena sekarang ini adalah era kemajuan teknologi informasi bernama internet, sehingga kedepanya sangat diharapkan setiap perpustakaan di seluruh dunia sewajibnya memiliki fasilitas akses internet untuk masyarakat.

 

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.